Diduga Kepala Desa Hilifaosi Menutup Informasi Terkait Pejaringan Sekdes

terkini

Iklan



Diduga Kepala Desa Hilifaosi Menutup Informasi Terkait Pejaringan Sekdes

Expossidiknews.com
18 Juni, 2023, 18.36 WIB. Dibaca: kali Last Updated 2023-06-18T11:36:53Z
Surat Penjaringan Sekdes. (Foto: DH)


NIAS | ESNews - Kepala Desa Hilifaosi diduga memihak atau dukung salah satu calon dalam penjaringan perangkat desa, yaitu  sekretaris desa (Sekdes) Desa Hilifaosi Kecamatan Bawalato, Kabupaten Nias, Sumatera Utara., Jum'at (16/6/23).


Terungkap masalah ini ketika pihak yang bobot tertinggi dengan skor 72 atas nama Temasokhi Lase S.M dinyatakan kalah usai melihat hasil rekomendasi dari pihak Camat Bawalato.


Ketua panitia Torotodo Lase saat ditanyakan media, apakah sudah menerima surat rekomendasi dari pihak Kecamatan atau Desa namun ianya menyatakan tidak, sampai detik ini.


Menurutnya Kades terlalu tertutup informasi, sehingga pihak masyarakat luas bertanya-tanya, dan meyakini yang menang pada pelaksanaan penjaringan adalah yang mendapatkan bobot tertinggi, tandasnya.


Ya....seraya dengan nada yang sama disampaikan anggota BPD Usahama Lase di tempat kantor desa Hilifaosi, dan ditambahkannya belum ada dipampangkan di papan informasi yang direkomendasikan oleh bapak camat, heran saya " dengan nada kesal.


Selaku Plt Sekretaris Desa Hilifaosi an. Yosama Lase. Memaparkan kebeberapa LSM dan media, bahwa saya nyatakan bahwa sampai saat ini belum mengetahui dan mendengar siapa pemenang pada penjaringan sekretaris desa Hilifaosi, " Kaget saya kaget benar....sahutnya.


Selanjutnya plt.kades memberikan informasi terkait penjaringan namun ianya tidaklah semuanya terjawab karena bapak kades yang lebih menahu, ya benar telah diadakan penjaringan perangkat desa Hilifaosi namun belum mengetahui secara pasti pemenangnya. Dan saya yakini bahwa pelaksanaan kegiatan penjaringan tersebut panitia sudah melaksanakan tupoksinya sampai pada tahap tahapannya tinggal menunggu rekomendasi dari pihak kecamatan Bawalato.


Saat media menanyakan kepada bapak camat Bawalato melalui WhatsApp apakah sudah merekomendasikan siapa pemenang dalam penjaringan perangkat desa di desa Hilifaosi namun jawabnya Sudah terimakasih.di tambah lagi penjelasan dari Bapak Camat Bawalato:Rekomendasi yg diberikan tentunya mempedomani ketentuan yg mengatur tentang seleksi calon Perangkat Desa dan  hasil konsultasi Kades, krn perangkat desa adalah unsur Pembantu Kepala Desa dalam menyelenggarakan Pemerintahan Desa. Tks. 


Saat media langsung ke kantor desa Hilifaosi kecamatan Bawalato, kabupaten Nias ternyata Kades tidak ada dengan alasan perangkat desa ada pertemuan dikantor kecamatan, untuk selanjutnya pada pemberitaan berikutnya, tem akan selalu berusaha untuk konfirmasi lagi kepada kepala Desa hilifaosi. (Delianus harefa)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Diduga Kepala Desa Hilifaosi Menutup Informasi Terkait Pejaringan Sekdes

Terkini

Iklan