Pengurus PDIP Kepri Kawal Penghitungan Suara di PPK, Ada Upaya Praktek Kecurangan Pemilu?

terkini

Iklan



Pengurus PDIP Kepri Kawal Penghitungan Suara di PPK, Ada Upaya Praktek Kecurangan Pemilu?

Expossidiknews.com
23 Februari, 2024, 06.43 WIB. Dibaca: kali Last Updated 2024-02-22T23:43:55Z
Pernyataan sikap jajaran pengurus PDIP Provinsi Kepri di Kantor Sekretariat DPC PDIP Kota Batam, Kamis (22/2/2024). (Foto: Faisal)

BATAM | ESNews - Ratusan Pengurus DPD, DPC, PAC, Ranting maupun Anak Ranting beserta Sayap-sayap dan Badan-badan Partai PDI Perjuangan Provinsi Kepri serta relawan Ganjar-Mahfud kompak berkumpul di Kantor Sekretariat DPC PDIP Kota Batam, Kamis (22/2/2024) sore.

Alasan utama yang membuat ratusan kader, sayap, badan dan relawan PDI Perjuangan Provinsi Kepulauan Riau berkumpul adalah untuk menolak dengan keras segala upaya dan praktek kecurangan yang mencederai demokrasi pada Pemilu 2024 ini.

Penolakan itu dituangkan dalam pernyataan sikap yang diikuti oleh seluruh unsur-unsur tersebut yang disampaikan di Sekretariat DPD PDIP Kepri. Batam Kota pada, Kamis, (22/2/2024).

Selain penolakan praktek kecurangan, mereka juga siap mengawal pelaksanaan pemilu yang benar, jujur dan adil sesuai ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku.

Kemudian, mereka juga meminta kepada seluruh komponen masyarakat baik peserta, penyelenggara dan pengawas pemilu maupun aparatur pemerintah agar melaksanakan semua tahapan pemilu secara profesional, transparan dan akuntabel.

Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Kepulauan Riau, Prof. Soerya Respationo mengajak seluruh Pengurus DPD, DPC, PAC, Ranting maupun Anak Ranting beserta Sayap-sayap dan Badan-badan Partai PDI Perjuangan Provinsi Kepri serta relawan Ganjar-Mahfud untuk merapatkan barisan.

"Hari ini kita adakan apel siaga seiringan dengan pernyataan sikap terkait proses pemilihan pilpres maupun pileg khususnya di Kepri," ungkap Prof. Soerya.

Selanjutnya dikatakan Soerya yang biasa dipanggik Romo, seluruh pengurus maupun relawan akan dibagi untuk mengunjungi tiap PPK yang ada di Kota Batam.

"Nantinya saya, Cak Nur (Ketua DPC PDIP Batam, Nuryanto) dan Jenderal Dermawan akan berkeliling mengunjungi PPK yang ada di Kota Batam dengan tujuan mengawal proses perhitungan suara serta para saksi-saksi kami," ujarnya.

Soerya juga mengatakan, tindakan ini akan dilakukan setiap hari sampai perhitungan di tingkat KPU Kota," ujarnya lagi.

Menurut Soerya, proses pemilihan ini terindikasi adanya kecurangan dan intimidasi terhadap para saksi-saksi PDIP.

"Mulai dari sosialisasi, kampanye sampai pemilihan hingga perhitungan telah terjadi ketidakjujuran serta para penyusup yang dapat mengintimidasi para saksi-saksi kita," ucapnya..

Selain itu kata Soerya, pihaknya juga mencium adanya tukar beli suara pada pemilihan tahun ini.

"Kita juga tau adanya tukar beli suara pada pemilihan pilpres maupun pileg ini," terangnya.

Soerya juga menegaskan pihaknya tidak akan melakukan sesuatu tindakan tanpa ada bukti dan dasar yang akurat

"Kita punya bukti-bukti yang kuat, semua sudah dikumpulkan dan nanti pada saat serta titik-titik tertentu akan kita akan melakukan action," pungkasnya. (Fay)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pengurus PDIP Kepri Kawal Penghitungan Suara di PPK, Ada Upaya Praktek Kecurangan Pemilu?

Terkini

Iklan