Luar Biasa, Ivent Market Night SMA Kartini Batam Tembus 1.000 Pengunjung

terkini

Iklan



Luar Biasa, Ivent Market Night SMA Kartini Batam Tembus 1.000 Pengunjung

Expossidiknews.com
31 Oktober, 2022, 19.36 WIB. Dibaca: kali Last Updated 2022-10-31T12:36:27Z
Siswa-siswi SMA Kartini Batam antusias menyambut pagelaran Market Night. (Foto: Fay)


BATAM | ESNews – Sekolah Menengah Atas Kartini Batam sukses menggelar ivent SMA Kartini Market Night. Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman parkir Sekolah Kartini Batam pada Sabtu (29/10/2022) malam. 


Kepala Sekolah SMA Kartini Batam, Akmal mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan pihaknya setiap tahun. Tujuannya adalah untuk menumbuhkembangkan jiwa kewirahusahaan para pelajar SMA, khususnya kepada siswa Kelas XII SMA.


"Ini merupakan kegiatan rutin sekolah Kartini setiap tahunnya. Tujuannya adalah untuk menumbuhkembangkan jiwa kewirahusahaan para pelajar SMA," ujar Akmal kepada media disela-sela kegiatan.


Dia mengatakan, biasanya orang-orang mengenal kegiatan ini dengan istilah Market Day, yakni berjualan yang dilakukan pada siang hari. Namun, kali ini pihaknya sengaja membuatnya berbeda yakni dilaksanakan pada malam hari.


"Biasanya orang mengenalnya dengan Market Day. Namun, kami merubahnya dengan melakukannya pada malam hari atau istilahnya Market Night," ungkap Akmal.


Lanjutnya, kegiatan market night intinya memberikan pembelajaran kepada siswa-siswi untuk berwirausaha melalui stand-stand bazar yang telah disiapkan. Siswa-siswi diberikan kesempatan untuk menjual makanan dan minuman dan juga pernak-pernik yang kekinian.


"Siswa kelas XII tidak hanya menjualnya saja, tapi mereka juga dianjurkan untuk membuatnya terlebih dahulu di stand-stand itu, kemudian menawarkannya kepada para pengunjung yang ada," jelasnya.

Masih menurut Akmal, untuk menyesuaikan dengan selera anak-anak muda, pihaknya sengaja mengemas ivent Market Ninght mengusung konsep seperti di cafe-cafe yang lengkap dengan pemain band nya 


Lalu, pihaknya juga menggali potensi-potensi yang ada didalam diri  dengan menyalurkannya, seperti bermain musik (band), bernyanyi, menari (dance), menjadi MC dan marching band.


"Jadi setiap siswa dianjurkan untuk mengeluarkan bakatnya masing-masing. Dan, siswa-siwi itu juga mempunyai bagiannya masing-masing. Ada yang bertugas untuk mengurusi makanannya, ada yang khusus untuk menawarkannya dan ada juga yang mencatatnya. Jadi, ilmu berwirausaha itu yang ingin kita tanamkan didalam diri siswa-siswi kita," imbuhnya.


Selain itu, kegiatan ini dilakukan untuk menghindarkan para siswa-siswi akan bahaya narkoba dan kenakalan remaja serta pengaruh buruk lainnya.


"Daripada mereka diluar berkumpul yang tidak jelas, lebih baik mereka disini (market night). Orang tuanya dan juga teman-teman bisa datang kesini. Perkiraan saya banyaknya orang yang datang kesini lebih kurang seribu orang," sebutnya


"Perkiraan kita makanan yang disiapkan bisa bertahan sampai jam sepuluh malam, namun baru jam delapan makanannya sudah habis terjual," ucapnya sambil tersenyum.


Di lokasi yang sama, Ketua Komite SMA Kartini Batam, AKBP (purn) Arwin Pribadi memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak sekolah dengan diselenggarakannya ivent mareket night ini.


Dia mengatakan, sangat mendukung sekali dengan kegiatan yang didukung oleh para guru-guru, wali murid dan pihak komite sekolah.


"Salut dan apresiasi atas terselenggaranya ivent market night ini," ujar Arwin.


Lanjut pria yang pernah menjabat sebagai Kapolsek Batam Kota ini menyarankan supaya kegiatan seperti ini sering dilakukan. 


"Jangan hanya setahun sekali diadakannya, kalau bisa tiap bulan. Atau, minimal tiga bulan sekali," harapnya.


Senada, Wakil Ketua Komite SMA Kartini Batam, Haryanto menambahkan dengan disediakannya wadah bagi siswa-siswi untuk menuangkan seluruh bakat entreprenur yang dimilikinya, diharapkan siswa-siswi itu bisa tumbuh jiwa wirausahawan didalam dirinya 


Selain itu, dengan diberikannya kesempatan untuk mengembangkan bakatnya masing-masing, diharapkan siswa-siswi itu bisa memiliki fashionnya sendiri.


"Kami mengaharapkan anak-anak didik kami bisa mempunyai bakat kewirausahaan dan memiliki fashionnya sendiri," ucap Haryanto mengakhiri. (Fay)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Luar Biasa, Ivent Market Night SMA Kartini Batam Tembus 1.000 Pengunjung

Terkini

Iklan