Terbukti Tak Melakukan Pelanggaran, SB Karuniya Jaya Akhirnya Dilepas BC Batam

terkini

Iklan



Terbukti Tak Melakukan Pelanggaran, SB Karuniya Jaya Akhirnya Dilepas BC Batam

Expossidiknews.com
22 Oktober, 2022, 18.12 WIB. Dibaca: kali Last Updated 2022-10-22T11:12:01Z

Istimewa


BATAM | ESNews - kapal SB Kurbiaya Jaya 08 akhirnya dilepaskan oleh pihak Bea dan Cukai Tipe B Batam, Kepulauan Riau setelah menjalani pemeriksaan dokumen.


Hal ini dibenarkan Kepala Bimbingan Kepatuhan Dan Layanan Informasi Bea Cukai Batam, Rizki Badilah kepada wartawan, Sabtu (22/10/2022) sore.

Untuk diketahui, pihak Bea dan Cukai Batam mengamankan kapal yang dimaksud, dikarenakan informasi dugaan kapal tersebut membawa berbagai barang tanpa dokumen atau ilegal.

Dimana salah satunya, SB Karuniya Jaya turut membawa handphone ilegal yang diduga akan diedarkan di wilayah Kepulauan Riau (Kepri).

"Benar kapal yang dimaksud telah dilepaskan kembali, karena tidak ada alasan untuk menahan," ungkapnya.

Rizki menuturkan, sesuai dengan hasil pemeriksaan mendalam, pihaknya menemukan fakta bahwa pihaknya tidak menemukan keberadaan handphone tanpa dokumen.

"Sudah dilakukan pemeriksaan mendalam, dan tidak ditemukan muatan handphone pada kapal itu," lanjutnya.

Alasan lain adalah pengecekan dokumen kapal yang diketahui merupakan kapal antar pulau, dengan tujuan Tanjungpinang - Karimun.

Hal ini dibenarkan dengan pemeriksaan dokumen muatan kapal yang diduga merupakan barang kiriman dari perusahaan pengiriman barang J&T.

"Kita sudah melakukan pengecekan GPS juga, dan benar rute perjalanan kapal tidak melanggar aturan. Dan muatan kapal juga seluruhnya dilengkapi dengan dokumen asli," lanjutnya.

Sebelumnya, SB Karuniya Jaya juga diketahui sempat menjalani pemeriksaan oleh Lantamal IV Tanjungpinang pada, Selasa (18/10/2022) lalu.

Namun kapal beserta seluruh muatannya kemudian dilepaskan pada, Rabu (19/10/2022) untuk melanjutkan perjalanan, setelah pemeriksaan dokumen dan muatan kapal yang tidak melanggar aturan kepabeanan. (Esn)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Terbukti Tak Melakukan Pelanggaran, SB Karuniya Jaya Akhirnya Dilepas BC Batam

Terkini

Iklan