Warga Setempat Dukung Proyek Pendalaman Alur Dermaga Lantamal IV TNI-AL di Sengkuang

terkini

Iklan



Warga Setempat Dukung Proyek Pendalaman Alur Dermaga Lantamal IV TNI-AL di Sengkuang

Expossidiknews.com
19 Oktober, 2023, 22.28 WIB. Dibaca: kali Last Updated 2023-10-19T15:28:11Z

Usai mensosialisasikan pengerjaan pendalaman alur dermaga, Lantamal IV TNI-AL serahkan bantuan paket sembako kepada warga setempat. (Ist)


BATAM | ESNews - PT Yabes Anugerah Nusatama (YAS) bersama Lantamal IV menyosialisasikan pengerjaan pendalaman alur dermaga Lantamal IV TNI AL. Pengerjaan pendalaman alur itu mendapat dukungan dari Warga Tanjung Sengkuang, Kecamatan Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau, Kamis (19/10/2023).


Danlantamal IV Batam, Laksamana Pertama TNI Tjatur Soniarto, yang diwakili Letkol Laut Samuel Christian, menyebutkan, proyek pendalaman laut ini sangat diperlukan agar KRI dapat bersandar di dermaga pelabuahn Lantamal IV. Selama ini, KRI tidak bisa bersanadar di pelabuhan Lantamal IV karena alurnya kurang dalam dan harus bersandar di Pelabuhan Batu Ampar.

"Jika KRI bersandar di pelabuhan Batu Ampar dikhawatirkan akan menggagu proses bongkar muat dan akan berdampak pada perekonomian. Jadi kami berharap dukungan masyarakat untuk pengerjaan pendalaman alur ini," ujar Lektol Samuel.

Sosialisasi itu dihadiri ratusan warga RW 2 Kelurahan Tanjung Sengkuang, tokoh masyarakat dan nelayan, Keluarga Besar Putra-Putri Angkatan Laut, Camat Batu Ampar, Lurah Tanjung Sengkuang, dan Kapolresta Barelang yang diwakili Kasat Polair, Kompol Salahudin.

Ditektur Utama PT Yabes Anugerah Nusatama, Timotius Wijaya, menegaskan bahwa proyek pendalaman alur yang dikerjakan pihaknya ini berdasarkan kerja sama antara perusahaannya dengan TNI Angkatan Laut dalam hal ini Komando Armada I yang ditandatangani di Gedung Aula Yos Sudarso, Markas Komando Armada I, Tanjungpinang, pada Rabu (18/09/2023).

"Jadi ini bukan proyek bodong. Dan anggarannya bukan berasal dari APBN tapi murni dari program CSR perusahaan untuk kepentingan negara," ujar Timotius.

Proyek pendalaman alur ini, kata Timotius, selain di Batam, nantinya akan dikerjakan di dua lokasi lagi yaitu di Tanjungpjnang dan Tanjunguban. Sembari melengkapi beberapa izin dari kementrian terkait, pihaknya akan menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat. Pekerjaan yang perkirakan berlangsung hingga lima tahun ini baru akan dimulai setelah semua izin dikantongi.

Ketua RW 2 Kelurahan Tanjung Sengkuang, Muddie Liwang, mengatakan, warga sangat mendukung pengerjaan pendalaman alur ini. Dukungan berupa ratusan tanda tangan dan identitas warga yang mendukung juga diserahkan secara simbolik.

Muddie juga menyampaikan hatapannya kepada pihak perusahaan agar bisa melibatkan warga setempat dalam mengerjakan pendalaman alur.

"Kami sangat mendukung pengerjaan pendalaman alur untuk dermaga Lantamal IV TNI AL ini. Kami juga berharap warga bisa dilibatkan supaya warga bisa mendapatkan lapangan pekerjaan," ujar Muddie.

Ditambahkannya, sosialisasi yang dilakukan membuat warga merasa diperhatikan dan dihargai keberadaannya. Sebab, lokasi pengerjaan pendalaman alur cukup jauh dari pemukiman dan tempat warga beraktivitas.

Lurah Tanjung Sengkuang, Muhammad Alkindi Ambiya, mengaku senang akan dukungan warganya.

"Kita berharap pengerjaan pendalaman alur ini berjalan lancar dengan dukungan masyarakat," ujarnya. (*)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Warga Setempat Dukung Proyek Pendalaman Alur Dermaga Lantamal IV TNI-AL di Sengkuang

Terkini

Iklan