Tambang Bauksit di Wilayah Kabil, Diduga Dijual ke PT Blue Stell Industri

terkini

Iklan



Tambang Bauksit di Wilayah Kabil, Diduga Dijual ke PT Blue Stell Industri

Expossidiknews.com
06 Mei, 2024, 15.17 WIB. Dibaca: kali Last Updated 2024-05-06T08:19:10Z
Tampak 1 unit Beko ukuran 04 warna hijau keruk tanah bauksit di bukit wilayah Kabil. (Ist) 

BATAM | ESNews - Aktivitas pemotongan bukit tepat berada di belakang kawasan Kawasan Pengelolaan Limbah Industri (KPLI-B3) Kabil, Kecamatan Nongsa, Kota Batam diduga kuat tidak mengantongi izin Cut and Fill.

Pantauan wartawan dilokasi, sejumlah kendaraan alat berat seperti dump truk serta ekskavator terlihat beroperasi. Mereka hilir mudik mengangkut material tanah bercampur batu bauksit yang diduga kuat untuk di jual.

Menurut penuturan warga setempat, aktivitas pemotongan bukit itu sudah berlangsung cukup lama. Dimana, HM disebut-sebut dibalik kegiatan tersebut. Mereka dengan leluasa, mengambil tanah bercampur batu bauksit menggunakan dump truk untuk dijual ke proyek penimbunan di PT Blue Steel Industri.

"Tanah bauksit itu di bandrol Rp 200 ribu per dump truk. Dalam sehari, mereka bisa mengeluarkan material hingga 50 dump," ujar sumber kepada wartawan.

Sementara pemilik Pengalokasian Lahan (PL) atas nama PT. IBPP. 

Sumber mengatakan, aktivitas pemotongan bukit ini juga menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan. Material tanah yang dimuat oleh dump truk kerap berjatuhan di ruas jalan utama hingga membuat jalan berlumpur dan bedebu.

"Muatan tanah bauksit kerap berjatuhan di ruas jalan utama sehingga saat hujan tiba jalan raya berubah berlumpur dan licin," ungkapnya

Seperti diketahui, proyek pematangan lahan atau pemotongan bukit di suatu lokasi harus memiliki izin amdal, UKL dan UPL dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) serta izin Cut and Fill BP Batam.

Hingga berita ini diterbitkan, wartawan masih berupaya melakukan konfirmasi kepada pihak Badan Pengusahaan (BP) Batam serta pihak terkait lainnya perihal aktivitas pemotongan bukit tersebut. (Red)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tambang Bauksit di Wilayah Kabil, Diduga Dijual ke PT Blue Stell Industri

Terkini

Iklan