Penyematan Baju Kebesaran Ono Niha kepada Salah Satu Anggota DPRD Kepri di Batam jadi Sorotan

terkini

Iklan



Penyematan Baju Kebesaran Ono Niha kepada Salah Satu Anggota DPRD Kepri di Batam jadi Sorotan

Expossidiknews.com
23 Agustus, 2023, 07.49 WIB. Dibaca: kali Last Updated 2023-08-23T10:52:49Z
Tampak salah satu anggota DPRD Kepri, Admin Patros mengenakan baju adat nias usai disematkan oleh Gembala Gereja Tuhan Di Indonesia (GTDI) Sungai Yordan Batam. (Foto: Screenshot Facebook)

BATAM | ESNews - Penyematan baju adat Nias kepada seorang Anggota DPRD Provinsi Kepri oleh Gembala Gereja Tuhan Di Indonesia (GTDI) Sungai Yordan Batam menuai sorotan.

Dalam postingan akun Facebook @Paulus Rahman Tambunan, tampak Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Asmin Patros sedang dipakaikan Baju Kebesaran Ono Niha oleh Gembala Gereja Tuhan Di Indonesia (GTDI) Sungai Yordan Batam.

Dimana, Gembala Gereja GTDI Sungai Yordan, Joe Perubahan Ndruru menyebut bahwa beliau (Asmin Patros) merupakan sosok yang sangat mulia terhadap gereja yang sedang saya pimpin.

“Bagi kami, beliau seperti Balugu, partisipasinya yang begitu besar dari awal berdirinya Gereja GTDI Sungai Yordan ini sampai sekarang yang sudah 6 (enam) tahun. Tidak ada yang bisa kami berikan kepada Asmin Patros selain penghargaan seperti ini,” ungkap Gembala GTDI itu ke awak media pada Selasa pagi (22/8/23).

Tentu, hal ini menjadi soroton Siulu (Tokoh Bangsawan/Penasihat Adat) asal Nias yang ada di Kota Batam, salah satunya Haegaso Gaho yang menyampaikan bahwa Baju Kebesaran Ono Niha itu tidak bisa sembarangan untuk dipakaikan kepada sesorang.

“Baru Oholu (Baju Adat Nias asal Nias Selatan) itu tidak bisa sembarangan orang untuk diberikan kepada seseorang. Memang kita mengagumi yang namanya tamu. Dalam bahasa Nias: “Sokhi Mate Moroi Aila”, artinya lebih baik mati daripada malu,” kata Siulu Haegaso Gaho.

Lebih lanjut, Haegaso Gaho mengatakan, yang namanya tamu itu punya kategori atau berjenjang. Gaho menyebut, jika dia (tamu) yang mulia, biasanya kita akan sambut dengan pesta besar dan akan kita sematkan baju kebesaran tadi, bukan pada kelompok kecil saja.

“Itu pun yang bisa memberikan itu tokoh adat (Siulu) yang ada di lokasi tersebut, kemudian disaksikan para tokoh lainnya dan masyarakat di daerah itu,” tegas Tokoh Bangsawan itu ke tim media pada Selasa (22/8/2023).

Haegaso Gaho menegaskan lagi, jika ada tokoh agama yang menyematkan itu kepada orang lain apalagi jika dikaitkan dengan politik, maka itu kurang pantas atau tidak tepat untuk dilakukan sehingga bisa menjadi preseden buruk.

Menurut Haegaso Gaho, kalaulah itu diberikan secara benar oleh para tokoh yang memiliki kapasitas kepada tokoh yang telah berjasa, berjuang untuk kepentingan besar untuk Nias pada umumnya, bukan untuk kelompok atau organisasi kecil, maka itu tidak jadi masalah

Haegaso Gaho berharap bahwa hal seperti ini tak berulang kembali kepada pihak-pihak lain.

“Harus diperhatikan kembali Budaya dan Adat Nias yang sesungguhnya, bila perlu dipertanyakan kepada Tokoh Adat yang memang punya kapasitas di situ,” pungkasnya. (r)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Penyematan Baju Kebesaran Ono Niha kepada Salah Satu Anggota DPRD Kepri di Batam jadi Sorotan

Terkini

Iklan