Tingkatkan Wawasan Informatika dan Teknologi, HMTI Poli Batam Gelar Seminar Perusahaan

terkini

Iklan



Tingkatkan Wawasan Informatika dan Teknologi, HMTI Poli Batam Gelar Seminar Perusahaan

Expossidiknews.com
01 Oktober, 2023, 10.48 WIB. Dibaca: kali Last Updated 2023-10-01T03:48:31Z
Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMTI) Politeknik Negeri Batam menggelar seminar perusahaan. (Ist)

BATAM | ESNews - Dalam menghadapi trend teknologi terkini, Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMTI) Politeknik Negeri Batam menggelar seminar perusahaan. 

"teknik informatika dirasa sangat penting dalam menghadapi trend teknologi terkini," ujar Ketua Pelaksana Seminar Perusahaan HMTI Politeknik Negeri Batam, disela-sela seminar di ruangan auditorium, Sabtu (30/9/2023).

Aura Zahwa yang saat ini masih semester tiga menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan mahasiswa dan peserta di bidang informatika dan teknologi. Terlebih mengenai tantangan dan kebutuhan perusahaan saat ini.

Melihat perkembangan teknologi, mahasiswa jurusan teknik informatika, diharapkan bisa mengambil peluang di dunia kerja usai menyelesaikan pendidikan di kampus

"Melihat pemaparan dari pemateri yang juga merupakan senior kami, rasanya perlu sekali menguasai dan memiliki keahlian sesuai dengan jurusan yang kami pilih. Kehadiran pemateri memberikan suntikan semangat untuk bisa lebih bekerja keras lagi, dan mempersiapkan diri menghadapi tantangan kerja yang sesuai dengan kualifikasi kebutuhan perusahaan," bebernya.

Pengalaman yang disampaikan pemateri ketika bekerja di luar negeri, dan dalam negeri mendorong semangat peserta seminar, untuk bersungguh- sungguh mempersiapkan diri selama perkuliahan.

"Banyak semangat yang dibagikan pemateri. Kami juga termotivasi untuk giat, dan mengantongi keahlian agar bisa mengikuti jejak mereka. Tadi juga disampaikan kebutuhan perusahaan saat ini yang bersinggungan dengan jurusan kami," ungkap Mahasiswa Jurusan teknik informatika Jaringan Politeknik Batam ini.

Sementara, Ketua HMTI Polibatam, Ridho Alfansyuri menambahkan ke depan, pihaknya ingin mahasiswa bisa menemukan tempat magang di perusahaan yang sesuai dengan jurusan mereka.

Bahkan dalam seminar ini, Ia berharap mahasiswa tidak hanya fokus pada finansial yang dihasilkan. Namun, lebih dari itu, sebab, menurutnya ilmu informatika itu sangat luas.

"Menurut saya pengalaman adalah hal tidak ternilai. Jadi kalau bisa magang di perusahaan yang benar-benar membutuhkan keahlian dari jurusan ini. Mahasiswa juga diharapkan bisa memperkaya diri mereka dengan ilmu, dan pengalaman, sehingga gampang beradaptasi dengan dunia kerja di perusahaan yang sesuai," jelasnya.

Melalui virtual, Wakil Walikota Batam Amsakar Ahmad, menyampaikan, dengan adanya seminar seperti ini, bisa membuka mindset atau pola fikir, khususnya kepada para mahasiswa atau siswa yang sedang menuju ke kampus, seminar perusahaan ini juga bisa membuka cakwarala berfikir dan memberikan motifasi, hingga para mahasiswa bisa berpacu lagi untuk berprestasi lebih baik.

Selain itu, seminar ini merupakan momentum terbaik, dimana Batam sebagai daerah industri, tentunya banyak perusahaan yang berkiprah di sini. Sehingga dapat diambil dalam konteks pemberdayaan ilmu yang para mahasiswa miliki.

"Harapan saya seminar ini akan memberikan nilai tambah untuk adik-adik mahasiswa, dan bisa juga berkontribusi pada kemajuan kota Batam, dalam menyongsong era digital," ungkap Amsakar Ahmad.

"Selamat atas diselenggarakannya seminar luar bias ini. Bapak mohon maaf tidak bisa hadir secara langsung karena masih bertugas di jakarta, untuk penyelesaian Desertasi di Institut pemerintahan dalam negeri. Sukses untuk semuanya," pungka Amsakar Ahmad melalui video yang dikirim ke HMTI Politeknik Negri Batam

Seminar perusahan ini menghadirkan pemateri yang merupakan alumni Polibatam yaitu Ade Tertiasusman yang merupakan UI/UX Designer Adam Firdaus engineer AIA Singapura, serta Nizam Mawardi yang saat ini bertugas sebagai Weather forecaster BMKG. (*)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tingkatkan Wawasan Informatika dan Teknologi, HMTI Poli Batam Gelar Seminar Perusahaan

Terkini

Iklan