Pimpin Persatuan Xiang Qi Kepri, Hendra Asman Tekad Kembangkan Perekonomian Batam Melalui Olahraga

terkini

Iklan



Pimpin Persatuan Xiang Qi Kepri, Hendra Asman Tekad Kembangkan Perekonomian Batam Melalui Olahraga

Expossidiknews.com
08 September, 2022, 17.27 WIB. Dibaca: kali Last Updated 2022-09-09T04:04:02Z
Anggota DPRD Kota Batam, Hendra Asman resmi dilantik sebagai Ketua Persatuan Xiang Qi Provinsi Kepulauan Riau. (Foto: Faisal/Expossidiknews)

BATAM | ESNews - Hendra Asman bertekad mengembangkan perekonomian Kota Batam dengan menciptakan multi efek baru dunia wisata olahraga di Provinsi Kepulauan Riau.

Hal itu ia katakan saat dilantik sebagai Ketua Persatuan Xiang Qi (PEXI) Provinsi Kepulauan Riau yang dilaksanakan di Vihara Budhi Bhakti (Pek Kong Keng Windsor) pada, Kamis (8/9/2022).

Hendra Asman yang merupakan Anggota DPRD Kota Batam dari Fraksi Partai Golkar secara resmi dilantik oleh Ketua PEXI Pusat Teddy Sugianto yang diwakilkan oleh Bunyanto Eka Cendana.

Lebih lanjut Hendra mengatakan, Xiang Qi atau permainan Catur Gajah merupakan hasil pengembangan dari sejenis permainan catur yang berasal dari Asia Tengah, yang sudah mempunyai usia lebih dari dua ribu lima ratus tahun.

Dijelaskannya, awalnya permainan ini muncul dari semangat Almarhum Mayjen TNI. (Purn) W. Soegandhi Ketua Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) di sekretariatnya Jalan Diponegoro 54, Jakarta Pusat pada tanggal, 27 Juli 1979 Organisasi Xiang Qi Nasional didirikan.

"Semula permainan Catur Gajah di tanah air ini hanyalah sebatas hiburan saja, berkat Almarhum Mayjen TNI. (Purn) W. Soegandhi, permainan ini terus berkembang hingga kini," imbuhnya.

Usai pelantikan, pihaknya langsung menggelar Turnamen Catur Gajah (Xiang Qi) 2022, yang secara resmi dibuka langsung oleh Hendra Asman sebagai Ketua PEXI Provinsi Kepri.

Para atlet Xiang Qi berkumpul untuk mengikuti turnamen yang ditandai dengan melakukan pertandingan antara PEXI Pusat (Bunyanto) dengan Ketua Yayasan Vihara Budhi Bhakti (Rudi Tan) yang mana masing-masing meluncurkan gerakan pion pertamanya.

Kegiatan ini juga dapat menjadi multi efek perkembangan ekonomi Provinsi Kepri, jika ke depan Kota Batam akan menjadi tuan rumah turnamen Catur Gajah nasional bahkan internasional.

"Saya bertekad akan memajukan dan mengembangkan atlet Catur Gajah Provinsi Kepri menjadi atlet nasional dan dunia," ucap Hendra Asman mengakhiri. (Fay)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pimpin Persatuan Xiang Qi Kepri, Hendra Asman Tekad Kembangkan Perekonomian Batam Melalui Olahraga

Terkini

Iklan