Dandim 0316/Batam Pimpin Panen Raya Timun di Rempang Cate Galang

terkini

Iklan



Dandim 0316/Batam Pimpin Panen Raya Timun di Rempang Cate Galang

Expossidiknews.com
19 Januari, 2023, 16.17 WIB. Dibaca: kali Last Updated 2023-01-19T09:17:30Z
Dandim 0316/Batam, Letkol Inf Galih Bramantyo bersama Forkopimca Kecamatan Galang panen raya timun. (Foto: Faisal)


BATAM | ESNews - Komandan Kodim 0316/Batam Letnan Kolonel Inf Galih Bramantyo, S.E,. M.Si memimpin pelaksanaan Panen Raya Timun di lahan milik petani di Desa Pasir Panjang, Kelurahan Rempang Cate, Kecamatan Galang kota Batam pada, Kamis (19/1/2023).

Panen raya tersebut merupakan wujud dari Program Ketahanan Pangan TNI AD berdasarkan perintah Presiden melalui bapak KASAD tentang ketahanan pangan dengan cara memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan produktif.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0316/Batam Letnan Kolonel Inf Galih Bramantyo didampingi istri yang juga sekaligus sebagai Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cabang 69 Kodim 0316/ Batam, Danramil 04 Galang, Kapten TM Tarigan dan seluruh Babinsa yang ada di wilayah Kecamatan Galang.

Hadir juga, Camat Kecamatan Galang, Ute Rambe, Kapolsek Galang, AKP Sulam didampingi Bhabinkamtibmas Kelurahan Rempang Cate, Lurah Rempang Cate bersama perangkat RT RW Pasir Panjang dan Pemilik Lahan, Irawan yang saat itu mewakili Anggota DPRD Kepri, Nyanyang Harris Pratamura yang berhalangan hadir.

Dandim 0316/Batam Letnan Kolonel Inf Galih Bramantyo mengatakan kegiatan ini adalah merupakan program TNI AD dalam rangka membantu mensejahterakan masyarakat.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk membantu program pemerintah dalam menekan laju angka inflasi di Indonesia, khususnya di kota Batam.

Dikatakannya, sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwasannya di kota Batam ini sangat minim sekali untuk lahan pertanian. Maka dari itu, dia pun memberikan apresiasi kepada masyarakat Pasir Panjang yang telah berhasil memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan produktif.

"Salut dan apresiasi kepada para petani yang telah berhasil memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan produktif. Saya harap ini bisa menjadi contoh untuk para petani lainnya," harapnya.

Dalam kesempatan itu, Dandim 0316/Batam mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Kelurahan Rempang Cate yang telah membantu menanam dan merawat tanaman timun sampai dengan panen.

Pihaknya berharap, selain menanam timun para petani tersebut bisa menambah lagi jumlah tanaman lainnya seperti, Jagung, Kelapa, Alpukat, Durian dan lainnya.

Dilokasi yang sama, Camat Galang, Ute Rambe mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesedian waktu orang nomor satu di Komando Distrik Militer 0316/Batam, memimpin panen raya timun di Desa Pasir Panjang, Kelurahan Rempang Cate, Kecamatan Galang, kota Batam.

Menurutnya, ada kebanggaan tersendiri dengan kehadiran TNI ditengah-tengah masyarakat. Apalagi, panen kali ini dihadiri langsung oleh Komandan Kodim, menjadi penyemangat bagi para petani untuk lebih giat lagi meningkatkan hasil kebun dimasa yang akan datang.

"Salut dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Dandim 0316/Batam atas kesediaannya menghadiri panen raya timun ini," ucapnya.

Sementara, Pemilik Lahan, Irawan mengucapkan terima kasih yang sebeaar-besarnya kepada Dandim 0316/Batam beserta jajarannya atas perhatian yang begitu besar kepada petani khusunya petani yang ada di wilayah Pasir Panjang ini.

“Kami bangga dan salut melihat TNI yang tidak saja siap untuk menjaga keutuhan NKRI juga turut berjuang membantu para petani dalam rangka menyukseskan program pemerintah dalam hal ketahanan pangan nasional,” ucap Iwan panggilan akrabnya.

Dijelaskannya, mayoritas masyarakat Desa Pasir Panjang awalnya berprofesi sebagai nelayan. Dengan banyaknya lahan tidur, pihaknya berinisiatif untuk memanfaatkan lahan tidur tersebut menjadi lahan produktif dengan melakukan bercocok tanam.

"Alhamdulillah, berkat kerja keras para petani yang menanam dan merawat tanaman timun dari awal sampai dengan panen, sedikit demi sedikit dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, sehingga tidak ketergantungan lagi dengan hasil menjadi nelayan," imbuhnya.

Lanjutnya, pihaknya sangat mengharapkan bimbingan dan arahan dari Komandan Kodim mengenai cara untuk meningkatan jumlah hasil panen, baik dengan melakukan bantuan pembibitan ataupun penyuluhan-penyuluhan tentang bagaimana cara untuk meningkatkan hasil tanaman.

Dalam kesempatan itu, Iwan juga menyampaikan pesan dari anggota DPRD Kepri, Nyanyang Haris Pratamura yang berperan besar dalam melakukan pembinaan-pembinaan kepada para petani.

Menurutnya, peran anggota DPRD Kepri dalam melakukan pembinaan kepada para petani sangat besar. Hal itu dibuktikan dengan bervariasinya jumlah tanaman yang ditanam, sehingga tetap bisa memberikan pendapatan yang maksimal bagi para petani.

"Jadi tanaman pokok, tanaman tua kita campur dengan tanaman muda seperti durian, alpukat dan klengkeng, untuk tetap menghasilkan tiap hari, tiap minggu, tiap bulan dan tiap tahunnya," pungkasnya. (Fay)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dandim 0316/Batam Pimpin Panen Raya Timun di Rempang Cate Galang

Terkini

Iklan