Menelusuri Gudang Penimbunan Solar Ilegal di Sudut Kota Batam, Ada 4 Titik?

terkini

Iklan



Menelusuri Gudang Penimbunan Solar Ilegal di Sudut Kota Batam, Ada 4 Titik?

Expossidiknews.com
20 Maret, 2023, 14.24 WIB. Dibaca: kali Last Updated 2023-03-20T07:25:33Z
Gudang solar ilegal di wilayah Sei Pelunggut, Sagulung, Kota Batam yang tak jauh dari PT. Delta Shipyard Sagulung. (Foto: Esnews)

BATAM | ESNews - Gudang penimbunan BBM jenis Solar ilegal di Kota Batam kian menjamur. Para Mafia Solar ini umumnya sengaja memilih tempat / gudang penimbunan yang strategis yakni persis dekat tepi laut.

Alasan memilih tempat tersebut, menurut sumber Esnews, lantaran BBM jenis solar itu didapatkan lewat kegiatan ship to ship (STS) ditengah laut secara ilegal. Kegiatan ini biasa disebut 'Kencing Laut'.

"Untuk melancarkan bisnis ilegalnya, para Mafia solar ini memodifikasi palka kapal sehingga dapat menampung muatan lebih banyak saat kegiatan STS," jelasnya.

Gudang solar ilegal di tepi laut Baru Besar, Nongsa, Kota Batam. (Foto: Esnews)

Selain itu, ada juga sebagian kapal yang didominasi jenis Tug Boat dan kapal kayu justru datang langsung ke Dermaga tempat penimbunan solar tersebut untuk menjual solar dalam tankinya dengan cara menguras muatan tanki.

"Modusnya, ketika kapal sudah bersandar di Dermaga, selanjutnya muatan solar dalam palka/tanki kapal akan diloading langsung ke Banker yang ada di gudang tersebut dengan menggunakan alat bantu pompa. Selanjutnya akan di langsir menggunakan mobil Tanki berwarna biru ukuran 5.000 L, 10.000 L dan 20.000 L ke sejumlah Industri," beber Sumber Esnews.

Gudang solar di Tepi jalan Hang Kesutri, Batu Besar, Nongsa, Kota Batam. (Foto: Esnews)

Untuk modus lainnya, ada juga muatan solar dalam kapal di loading langsung ke mobil Tanki yang sebelumnya sudah stanby menunggu.

Tampak 2 unit mobil Tanki ukuran 5000L dan 1000L di dalam gudang solar yang berada di Tepi jalan Hang Kesutri Batu Besar, Nongsa, Kota Batam. (Foto: Esnews)

"Usai solar dimuat kedalam mobil tanki, mobil tanki yang dijadikan sebagai transportir tersebut akan melangsir ke gudang tempat penimbunan (jika gudang jauh dari Tepi pantai) atau langsung dijual ke sejumlah Industri di Batam," jelasnya.

Dari penelusuran wartawan, terdapat 4 titik gudang penimbunan solar ilegal di Batam yang berasal dari hasil kencing laut, pertama di wilayah Dapur 12, Sei Pelunggut, Sagulung yang tak jauh dari PT Delta Shipyard. Diketahui gudang tersebut milik R.

Kedua, gudang solar di tepi laut Batu Besar, Nongsa, ketiga gudang solar di Tepi jalan Hang Kesturi, Baru Besar, Nongsa milik U. Dan keempat, gudang Solar di wilayah jembatan 2 Barelang milik T.
 
Gudang solar di wilayah Jembatan 2 Barelang. 1 unit mobil Tanki berwarna biru terlihat hendak masuk kedalam area. (Foto: Ist)

Hingga kini, keberadaan 4 titik gudang solar ilegal yang didominasi berpagar warna biru itu tak pernah tersentuh hukum atau dilakukan penindakan tegas oleh pihak kepolisian.

Sebagaimana, pelanggaran dalam aktivitas kegiatan ini sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2001 tentang Minyak dan gas.

Hingga berita ini diterbitkan, wartawan masih berupaya melakukan konfirmasi kepada Dirkrimsus Polda Kepri. (Esn)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Menelusuri Gudang Penimbunan Solar Ilegal di Sudut Kota Batam, Ada 4 Titik?

Terkini

Iklan